Pengertian Pemuda
       ialah kita ketahui bahwa pemuda atau generasi muda merupakan 
konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah nilai. hal ini 
merupakan pengertian idiologis dan kultural daripada pengertian ini. Di 
dalam masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai 
penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan 
bangsanya karma pemuda sebagai harapan bangsa dapat diartikan bahwa 
siapa yang menguasai pemuda akan menguasai masa depan.
Ada beberapa kedudukan pemuda dalam pertanggungjawabannya atas tatanan masyarakat, antara lain:
a.  Kemurnian idealismenya
b.  Keberanian dan Keterbukaanya dalam menyerap nilai-nilai dan gagasan-gagasan yang baru
c.  Semangat pengabdiannya
d.  Sepontanitas dan dinamikanya
e.  Inovasi dan kreativitasnya
f.   Keinginan untuk segera mewujudkan gagasan-gagasan baru
g.  Keteguhan janjinya dan keinginan untuk menampilkan sikap dan keperibadiannya yang mandiri
h.  Masih langkanya pengalaman-pengalaman yang dapat merelevansikan pendapat, sikap dan tindakanya dengan kenyataan yang ada.
Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuahkelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Internalisasi belajar & sosialisasi
Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana 
seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara
 hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam 
masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.
Berdasarkan jenisnya, sosialisasi dibagi menjadi dua: sosialisasi 
primer (dalam keluarga) dan sosialisasi sekunder (dalam masyarakat). 
Menurut Goffman kedua proses tersebut berlangsung dalam institusi total,
 yaitu tempat tinggal dan tempat bekerja. Dalam kedua institusi 
tersebut, terdapat sejumlah individu dalam situasi yang sama, terpisah 
dari masyarakat luas dalam jangka waktu kurun tertentu, bersama-sama 
menjalani hidup yang terkukung, dan diatur secara formal.
>Sosialisai primer
Peter L. Berger dan Luckmann mendefinisikan sosialisasi primer 
sebagai sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan 
belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga). Sosialisasi primer 
berlangsung saat anak berusia 1-5 tahun atau saat anak belum masuk ke 
sekolah. Anak mulai mengenal anggota keluarga dan lingkungan keluarga. 
Secara bertahap dia mulai mampu membedakan dirinya dengan orang lain di 
sekitar keluarganya.
Dalam tahap ini, peran orang-orang yang terdekat dengan anak menjadi 
sangat penting sebab seorang anak melakukan pola interaksi secara 
terbatas di dalamnya. Warna kepribadian anak akan sangat ditentukan oleh
 warna kepribadian dan interaksi yang terjadi antara anak dengan anggota
 keluarga terdekatnya.
>Sosialisasi sekunder
Sosialisasi sekunder adalah suatu proses sosialisasi lanjutan setelah
 sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok 
tertentu dalam masyarakat. Salah satu bentuknya 
adalah resosialisasi dan desosialisasi. Dalam proses resosialisasi, 
seseorang diberi suatu identitas diri yang baru. Sedangkan dalam proses 
desosialisasi, seseorang mengalami ‘pencabutan’ identitas diri yang 
lama.
Internalisasi adalah proses norma-norma kemasyarakatan yang tidak 
berhenti sampai institusionalisasi saja,akan tetapi mungkin norma-norma 
tersebut sudah mendarah daging dalam jiwa anggota-anggota masyarakat. 
Norma-norma ini kadang dibedakan antara norma-norma ;
–          Norma-norma yang mengatur pribadi yang mencakup norma 
kepercayaan yang bertujuan agar manusia berhati nurani yang bersih.
–          Norma-norma yang mengatur hubungan pribadi, mencakup 
kaidah kesopanan dan kaidah hukum serta mempunyai tujuan agar manusia 
bertingkah laku yang baik dalam pergaulan hidup dan bertujuan untuk 
mencapai kedamaian hidup.
Proses sosialisasi
-Tahap persiapan (Preparatory Stage)
Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan, saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya,
 termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga 
anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.
Contoh: Kata “makan” yang diajarkan ibu kepada anaknya yang masih balita diucapkan
 “mam”. Makna kata tersebut juga belum dipahami tepat oleh anak. 
Lama-kelamaan anak memahami secara tepat makna kata makan tersebut 
dengan kenyataan yang dialaminya.
-Tahap meniru (Play Stage)
Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa.
 Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang anma diri dan siapa 
nama orang tuanya, kakaknya, dan sebagainya. Anak mulai menyadari 
tentang apa yang dilakukan seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang 
ibu dari anak. Dengan kata lain, kemampuan untuk menempatkan diri pada 
posisi orang lain juga mulai terbentuk pada tahap ini. Kesadaran bahwa 
dunia sosial manusia berisikan banyak orang telah mulai terbentuk. 
Sebagian dari orang tersebut merupakan orang-orang yang dianggap penting
 bagi pembentukan dan bertahannya diri, yakni dari mana anak menyerap norma dan nilai. Bagi seorang anak, orang-orang ini disebut orang-orang yang amat berarti (Significant other)
-Tahap siap bertindak (Game Stage)
Peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang
 secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuannya 
menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat sehingga 
memungkinkan adanya kemampuan bermainsecara bersama-sama. Dia mulai menyadari adanya tuntutan untuk membela keluargadan bekerja sama dengan teman-temannya. Pada tahap ini lawan berinteraksi semakin
 banyak dan hubunganya semakin kompleks. Individu mulai berhubungan 
dengan teman-teman sebaya di luar rumah. Peraturan-peraturan yang 
berlaku di luar keluarganya secara bertahap juga mulai dipahami. 
Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya.
-Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized Stage/Generalized other)
Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa.
 Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas.
 Dengan kata lain, ia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan 
orang-orang yang berinteraksi dengannya tapi juga dengan masyarakat 
luas. Manusia dewasa menyadari pentingnya peraturan, kemampuan bekerja 
sama–bahkan dengan orang lain yang tidak dikenalnya– secara mantap. 
Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga 
masyarakat dalam arti sepenuhnya.
Peranan sosial mahasiswa & pemuda di masyarakat
Mahasiswa adalah kelompok pelajar yang bisa dikatakan sebagai 
golongan terdidik, karena mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi, di 
saat sebagian yang lain dalam usia yang sama masih bergelut dengan 
kemiskinan dan keterbatasan biaya dalam mengakses pendidikan, terutama 
pendidikan tinggi.
Predikat tersebut tentulah dapat disinonimkan bahwa mahasiswa 
merupakan kaum intelektual, yang mempunyai basis keilmuan yang kuat 
sesuai dengan jurusan yang diambil masing-masing mahasiswa, yang berarti
 kemampuan akademik mahasiswa dapat diandalkan sebagai salah satu asset 
negara ini. Tetapi, mahasiswa juga merupakan sebuah entitas social yang 
selalu berinteraksi dengan masyarakat dari segala jenis lapisan, 
sehingga dalam hal ini mahasiswa pun dituntut untuk memainkan peran 
aktif dalam kehidupan social kemasyarakatan.
Pemuda adalah tulang punggung masyarakat. Generasi tua memilki 
keterbatasan untuk memajukan bangsa. Generasi muda harus mengambil 
peranan yang menentukan dalam hal ini. Dengan semangat menyala-nyala dan
 tekad yang membaja serta visi dan kemauan untuk menerima perubahan yang
 dinamis pemuda menjadi motor bagi pembangunan masyarakat. Sejarah 
membuktikan, bahwa perubahan hampir selalu dimotori oleh kalangan muda. 
Sumpah Pemuda, Proklamasi, Pemberantasan PKI, lahirnya orde baru, bahkan
 peristiwa turunnya diktator Soeharto dari singgasana kepresidenan 
seluruhnya dimotori oleh kaum muda. kaum muda pula yang selalu 
memberikan umpan balik yang kritis terhadap pongahnya kekuasaan.
2.PEMUDA & IDENTITAS
Pola dasar pembinaan & perkembangan generasi muda
Pola dasar pembinaan dan pembangunan generasi muda ditetapkan oleh 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Keputusan Menteri Pendidkan dan 
Kebudayaan nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 oktober 1978. Tujuannya agar 
semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam poenanganannya 
benar-benar menggunakannya sebagai pedoman sehingga pelaksanaanya dapat 
terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan 
yang dimaiksud.
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan :
1. Landasan Idiil : Pancasila
2. Landasan Konstitusional : Undang-undang dasar 1945
3. Landasan Strategi : Garis-garis Besar Haluan Negara
4. Landasan Histories : Sumpah Pemuda dan Proklamasi
5. Landasan Normatif : Tata nilai ditengah masyarakat.
Motivasi asas pembinaan dan pengembangan generasi muda bertumpu pada 
strategi pencapaian tujuan nasional, seperti disebutkan dalam pembukaan 
UUD 1945 alinia IV.
Atas dasar kenyataan ini, diperlukan penataan 
kehidupan pemuda sehingga mereka mampu memainkan peranan yang penting 
dalam masa depan sekalipun disadari bahwa masa depan tersebut tidak 
berdiri sendiri. Masa depan adalah lanjutan masa sekarang, dan masa 
sekarang adalah hasil masa lampau. Dalam hal ini, pembinaan dan 
pengembangan generasi muda haruslah menanamkan motivasi kepekaan 
terhadap masa datang sebagai bagian mutlak masa kini. Kepekaan terhadap 
masa datang membutuhkan pula kepekaan terhadap situasi-situasi 
lingkungan untuk merelevansikan partisipannya dalam setiap kegiatan 
bangsa dan negara. Untuk itu, kualitas kesejahteraan yang membawa 
nilai-nilai dasar bangsa merupakan faktor penentu yang mewarnai 
pembinaan generasi muda dan bangsa dalam memasuki masa datang.
Tanpa ikut sertanya generasi muda, tujuan pembangunan ini sulit 
tercapai. Hal ini bukan saja karena pemuda merupakan lapisan masyarakat 
yang cukup besar, tetapi tanpa kegairahan dan kreativitas mereka, 
pembangunan jangka panjang dapat kehilangan keseimbangannya.
Apabila 
pemuda masa sekarang terpisah dari persoalan masyarakatnya, sulit 
terwujud pemimpin masa datang yang dapat memimpin bangsanya sendiri.
Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :
1.
 Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka 
yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta landasan untuk mandiri dan
 ketrlibatannya pun secara fungsional bersama potensi lainnya guna 
menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
2. Generasi muda 
sebagai objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih 
memerlukan pembinaan dan pengembangan kea rah pertumbuhan potensi dan 
kemampuan ketingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang 
melibatkan secara fungsional.
Pengertian pokok dan pembinaan dan pengembangan generasi muda
Dalam hal ini Pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok yaitu  :
a. Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan adalah 
mereka yang telah memiliki bekal-bekal dan kemampuan serta landasan 
untuk dapat mandiri dalam keterlibatannya secara fungsional bersama 
potensi lainnya, guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bengsa
 dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembangunan 
nasional.
b. Generasi muda sebagai obyek pembinaan dan pengembangan ialah 
mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah 
pertumbuhan potensi dan kemampuan –kemampuannya ke tingkat yang optimal 
dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fugsional
Masalah-masalah generasi muda
Saat ini generasi muda khususnya remaja, telah digembleng berbagai 
disiplin ilmu. Hal itu tak lain adalah persiapan mengemban tugas 
pembangungan pada masa yang akan datang, masa penyerahan tanggung jawab 
dari generasi tua ke generasi muda. Sudah banyak generasi muda yang 
menyadari peranan dan tanggung jawabnya terhadap negara di masa yang 
akan datang. Tetapi, dibalik semua itu ada sebagian generasi muda yang 
kurang menyadari tanggung jawabnya sebagai generasi penerus bangsa.
Adapun masalah yang dihadapi remaja masa kini antara lain :
1. kebutuhan akan figur teladan
Remaja jauh lebih mudah terkesan akan nilai2 luhur yang berlangsung 
dari keteladanan orang tua mereka daripada hanya sekedar nasihat2 bagus 
yagn tinggal hanya kata2 indah.
2. sikap apatis
Sikap apatis meruapakan kecenderungan untuk menolak sesuatu dan pada 
saat yang b ersamaan tidak mau melibatkan diri di dalamnya. Sikap apatis
 ini terwujud di dalam ketidakacuhannya akan apa yang terjadi di 
masyarakatnya.
3. kecemasan dan kurangnya harga diri
Kata stess atau frustasi semakin umum dipakai kalangan remaja. Banyak
 kaum muda yang mencoba mengatasi rasa cemasnya dalam bentuk “pelarian” 
(memburu kenikmatan lewat minuman keras, obat penenang, seks dan 
lainnya).
4. ketidakmampuan untuk terlibat
Kecenderungan untuk mengintelektualkan segala sesuatu dan pola pikir 
ekonomis, membuat para remaja sulit melibatkan diri secara emosional 
maupun efektif dalam hubungan pribadi dan dalam kehidupan di masyarakat.
 Persahabatan dinilai dengan untung rugi atau malahan dengan uang.
5. perasaan tidak berdaya
Perasaan tidak berdaya ini muncul pertama-tama karena teknologi 
semakin menguasai gaya hidup dan pola berpikir masyarakat modern. 
Teknologi mau tidak mau menciptakan masyarakat teknokratis yang memaksa 
kita untuk pertama-tama berpikir tentang keselamatan diri kita di 
tengah2 masyarakat. Lebih jauh remaja mencari “jalan pintas”, misalnya 
menggunakan segala cara untuk tidak belajar tetapi mendapat nilai baik 
atau ijasah.
6. pemujaan akan pengalaman
sebagian besar tindakan2 negatif anak muda dengan minumam keras, 
obat2an dan seks pada mulanya berawal dari hanya mencoba-coba. 
Lingkungan pergaulan anak muda dewasa ini memberikan pandangan yagn 
keliru tentang pengalaman.
Potensi-potensi generasi muda
Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut :
 >Idealisme dan Daya Kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, 
sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar 
mampu mencari gagasan baru. yang
 >Dinamika dan Kreativitas
Adanya idealisme pada generasi muda, menyebabkan mereka memiliki 
potensi kedinamisan dan kreativitas, yakni kemampaun dan kesediaan untuk
 mengadakan perubahan, pembaharuan,
>Keberanian Mengambil Resiko
Perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko 
dapat meleset, terhambat atau gagal. Namun, mengambil resiko itu 
diperlukan jika ingin memperoleh kemajuan.
 >Optimis dan Kegairahan Semangat Kegagalan tidak menyebabkan 
generasi muda patah semangat. Optimisme dan kegairahan semangat yang 
dimiliki generasi muda merupakan daya pendorong untuk mencoba lebih maju
 lagi.
 >Sikap Kemandirian dan Disiplin Murni Generasi muda memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya.
 >Terdidik
Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara 
menyeluruh baik dalam arti kualitatif maupun dalam arti kuantitatif.
 >Keanekaragaman dalam Persatuan dan Kesatuan
Keanekaragaman generasi muda merupakan cermin dari keanekaragaman 
masyarakat kita. Keanekaragaman tersebut dapat menjadi hambatan jika 
dihayati secara sempit dan eksklusif.
 >Patriotisme dan Nasionalisme
Pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan, dan turut serta memiliki bangsa
 dan negara dikalangan generasi muda perlu digalakkan karena pada 
gilirannya akan mempertebal semangat pengabdian dan kesiapan mereka 
untuk membela dan mempertahankan NKRI.
 >Kemampuan Penguasaan Ilmu dan Teknologi
Generasi muda dapat berperan secara berdaya guna dalam rangka 
pengembangan ilmu dan teknologi bila secara fungsional dapat 
dikembangkan sebagai Transformator dan Dinamisator.
.Tujuan pokok sosialisasi
Tujuan Sosialisasi 
Sosialisasi mempunyai tujuan sebagai berikut :
a. memberikan keterampilan kepada seseorang untuk dapat hidup bermasyarakat
b. mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif
c. membantu mengendalikan fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
d. Membiasakan diri berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada di masyarakat.
sumber:
 https://filzaah.wordpress.com/2013/11/10/pemuda-dan-sosialisasi/
No comments:
Post a Comment